Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

JAM

Jam (Aktif) With JavaScript

JAM

Windows Movie Maker

Haii......
Do you want to know about Movie Maker?
What is Movie Maker ?
How to use Movie Maker?
Lets see.......




Windows Movie Maker




Windows Movie Maker adalah perangkat lunak yang merupakan bagian dari Windows Essentials 2012. Fungsi utama program ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disunting.
Program kecil ini hanya memiliki berbagai fitur dasar penyuntingan video yang sangat sederhana, tetapi sudah mencukupi bagi para pengguna pemula.
Selain mampu membuat video fungsi lain dari Windows Movie Maker adalah
melakukan pengeditan video dengan tujuan sedikit memberikan perubahan pada video tersebut. Selain diimplementasikan pada video yang dibuat, pengeditan juga bisa dilakukan pada video yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu keunggulan dari Windows Movie Maker adalah ringan serta penggunaannya yang sangat mudah, termasuk juga jika anda ingin mengedit video. Bisa saja dengan menambahkan efek – efek, teks atau title, transisi dan masih banyak lagi. Semua itu sudah tersedia dalam masing – masing tools sehingga anda hanya perlu mengklik dan mengatur sesuai keinginan.

 Ini lah tampilan aplikasi windows movie maker .
Cara Mengedit Video Menggunakan Movie Maker
Untuk langkah – langkah cara mengedit video dengan movie maker bisa anda simak dibawah ini :
  1. Pertama tentu saja anda buka dan jalankan Windows Movie Maker. Dibawah ini adalah tampilan awal Windows Movie Maker pada versi portable yang kami gunakan.

  1. Gunakan video yang sudah ada, lalu masukkan video anda biasa disebut dengan Import video yang akan diedit ke layar kerja Windows Movie Maker. Tunggu beberapa saat.



3. Setelah proses Import video selesai anda dapat melihat pada layar kerja. Biasanya tampilan video sama seperti pada umumnya namun pada versi yang kami gunakan terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan durasi dan ukuran.

4. Anda bisa mengedit video anda dengan cara menambahkan photo, music, effect, pembukaan dan lain lainya.

5. Yang pertama adalah menambah teks pada video. Setelah ditempatkan di Timeline anda dapat melihat video terpecah menjadi beberapa bagian sesuai ketentuan Windows Movie Maker. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengeditan yang dilakukan hanya pada bagian – bagian tertentu saja.
6. Pilih salah satu atau beberapa bagian video yang ingin anda masukkan teks atau bisa juga dengan mengklik pada kisaran waktu yang ada di Timeline kemudian pilih Make Titles or Credits.


7. Setelah di klik maka akan muncul beberapa pilihan untuk menentukan penempatan teks atau titles. Anda dapat memilih sesuai keinginan.

8. Setelah itu tuliskan teks sesuai keinginan serta atur juga besar kecilnya, warna dan lain – lain dengan mengklik menu di More Options. Setelah dirasa sesuai klik Done, add title to movie.
9. Yang kedua adalah menambahkan efek – efek ke dalam video. Sama halnya di menambah teks anda dapat memilih bagian – bagian tertentu yang ada di Timeline , anda bisa mengklik animations untuk memberikan  animasi pada video.

  1. Setelah itu anda akan disajikan pilihan – pilihan efek yang anda di Windows Movie Maker. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa sesuai keinginan.

  1. Di akhir video anda juga bisa untuk menambahkan berbagai info, misalnya editing by, sumbernya dari dan lain – lain, dengan mengklik credits

  1. Jangan lupa setelah selesai klik Publish atau Save to My Computer untuk menyimpan file video hasil pengeditan anda.


Itulah cara mengedit video menggunakan movie maker dengan mudah dan cocok untuk pemula. Ini bisa digunakan untuk keperluan editing sederhana, saya rasa Movie Maker sudah lebih dari cukup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar